Tiket Kereta Api Promo dan Kelebihan Menggunakan Kereta Api

by - Agustus 30, 2017

Akhir tahun ini, kami berencana untuk main ke Jawa Timur. Pilihannya antara Malang, dan Bali. Hal pertama yang kami diskusikan tentunya tentang transportasi. Aaah...betapa tidak menjadi permasalahan, ya. Soalnya, di kota kami baru tersedia transportasi Bus. Sementara waktu yang kami punya tidak banyak. Alternatifnya, kereta api menjadi pilihan meski kami harus ke kota sebelah dulu yaitu Purwokerto.

Dengan alasan menghemat waktu, sepertinya bukan hanya kami yangebih memilih Kereta Api dibanding Bus. Banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan kereta api sebagai alat transportasi saat berpergian karena memang banyak kelebihan.



Selain hemat waktu, kelebiha lainnya yaitu kereta api sering memeberi promo harga tiket kereta api yang murah. Sudah harganya terjangkau, ditambah dengan promo tentunya akan lebih dapat menghemat keuangan, kan? Tapi untuk harga promo tidak bisa didapatkan setiap saat dan biasanya juga berlangsung dalam waktu yang cepat. Jadi jika mendapati harga promo, sebaiknya segera untuk melakukan pembelian supaya tidak kehabisan.   

Selain kereta api, sebenarnya juga ada alat transportasi umum yang lebih cepat dalam melakukan perjalanan yaitu pesawat. Tetapi untuk harga tiket pesawat tidak akan mendapati harga semurah kereta api. Apalagi bagi kamk yang tinggal di daerah. Mau naik kereta api saja harus hijrah ke kota sebelah, apalagi naik pesawat, ya. 😂

Maka dari itu walaupun harga tiket pesawat sudah promo tetap saja jatuhnya tetap mahal. Untuk fasilitas yang bisa didapatkan yaitu hampir sama atau mungkin malah lebih leluasa saat berada di kereta api dari pada pesawat. Jika dilihat fasilitas yang didapatkan, di kelas executive dalam kereta terbilang cukup bagus dan tidak kalah baik dengan fasilitas di pesawat. Ya kaaan?

Nah, berikut ini perbedaan lain yang didapat: 

1. Jika dibandingkan memang stasiun untuk pemberhentian kereta api lebih banyak tersedia beberapa lokasi dalam satu daerah. Tidak begitu dengan bandara yang hanya ada satu dan itupun biasanya berada sedikit jauh dari kota. 

Hal tersebut tentunya akan membuat akses menuju ke stasiun lebih mudah dari pada ke bandara. Bukankah itu suatu keberuntungan? Sudah mendapatkan harga tiket kereta api promo, ditambah lagi akses untuk ke stasiunnya lebih mudah. 

2. Biasanya waktu melakukan perjalanan menggunakan pesawat akan banyak biaya yang ditanggungkan pada penumpang. Hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor kenapa tiket pesawat lebih mahal. 

Seperti halnya pajak, untuk tiket kereta api tidak banyak biaya-biaya tambahan lainnya yang dikenakan pada penumpang. Dan tidak lupa dalam membawa barang bawaan, dalam pesawat akan ada batasan tertentu barang yang bisa dibawa masuk kedalam satu pesawat. Berbeda dengan kereta. Bisa dibilang, di kereta lebih aman untuk membawa barang-barang. 

3. Dalam pesawat, ada beberapa aturan khusus yang mungkin dapat mengganggu kenyamanan penumpang salah satunya yaitu dilarang menggunakan HP didalam pesawat. Padahal orang Indonesia sendiri mayoritas orangnya lebih bergantung pada HP. Secara tidak langsung memang lebih membosankan berada di pesawat dari pada di kereta. 

4. Untuk kereta lebih fleksibel bagi penumpang. Jadi bisa tidur, berjalan, berdiri sesuai keinginan penumpang dan tidak begitu pada pesawat.   Entah itu pesawat atau kereta, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Sebenarnya tidak bisa dibedakan antara kedua alat transportasi umum tersebut karena memang sudah berbeda. Itu hanya sebagai gambaran saja karena antara Kereta Api dan Pesawat lajunya lebih cepat ketimbang Bus.

Sesuai dengan kebutuhan saja, ya. Gunakan pesawat saat berpergian jauh antar pulau atau antar negara. Dan begitu pula gunakan kereta saat berpergian dalam pulau saja. Lebih asyik, kan? 

Omong-omong, banhak harga tiket kereta api yang ditawarkan di situs jual beli online atau offline. Hal tersebut tentunya sering terjadi juga dalam tiket pesawat promo. Walaupun keduanya memang tidak bisa terjadi sewaktu-waktu, jadi harus selalu mengupdate informasi harga untuk memperoleh harga murah. Iya kan, pejuang promo tiket Kereta Api? 😛

You May Also Like

0 komentar