Memilih Tempat Duduk yang Nyaman Saat Memesan Tiket Kereta Secara Online

by - Agustus 14, 2017

Anak kampung hanya bisa gigit bibir saat merasakan betapa mudahnya pergi ke Bogor dari Jakarta menggunakan transportasi kereta api. Jarak tempuh cuma satu jam, biayanya irit, dan ngga repot. Tinggal duduk (kalau lagi beruntung), ditinggal bobok, tau-tau sudah sampai Bogor.

Anak kampung hanya bisa ngelus dada saat akan pergi ke Malang menggunakan kereta tapi harus ke Purwokerto dulu. Duuuh...

Anak kampung sekarang tinggal di Banjarnegara, di mana ngga ada stasiun di sini. Mau ngga mau ya menggunakan transportasi Bus untuk ke luar kota. Atau, kalau pingin hemat waktu, harus ke stasiun Purwokerto dulu. Tapi sih pasti aku bela-belain meski untuk menuju stasiun Purwokerto harus naik Bus dulu. Duuh...ngenes, ya.

Kalau di commuterline sih aman, ya...
Lebih ngeselin lagi, sudah sampai stasiun, ternyata dapat tempat duduk yang kurang nyaman. Hahaha. Kubilang sih apes, tapi temenku bilang, suruh lebih sabar lagi. Hihihi. Ini salah satu risiko kalau ngga cermat pas booking tiket kereta api secara online.

Ya, untuk urusan booking tiket kereta api, aku selalu memilih booking secara online karena ada banyak untung ketimbang rugi. Terlebih, kini pelayanan kereta api lebih baik dan sudah ada beberapa kelas untuk gerbong kereta api. 

Untuk semua kelas pun sudah diberikan fasilitas masing-masing yang dapat memanjakan penumpangnya. Jika kamu di kelas ekonomi, maka tak perlu khawatir untuk mendapatkan tempat duduk tidak nyaman karena tetap bisa memilih tempat duduk terbaik. Tentunya jika kamu akan bepergian dengan kereta dalam perjalanan yang jauh, maka wajib untuk bisa memilih tempat duduk terbaik. WAJIB! Supaya betah dan nyaman.

Ketika kamu memesan tiket kereta secara online, biasanya akan ada pilihan untuk tempat duduk, kan? Nah, berikut ada lima tip memilih tempat duduk yang nyaman: 

1. Hindari dekat bordes dan toilet.

Pertama dan pastinya utama adalah usahakan agar kamu bisa menghindari tempat duduk di kereta dekat toilet dan bordes. Tentunya hal ini dilakukan demi terhindar dari aroma ngga sedap yang mungkin keluar dari dalam toilet. 

Terlebih jika waktu perjalanannya lama. Ingat, akan banyak penumpang yang keluar masuk ke toilet. Mengganggu banget, kan. Sedangkan alasan untuk menghindari dari dekat bordes adalah karena bordes ini merupakan akses masuk menuju kabin utama. Gituuu. . .

2. Pilih tempat duduk yang berdekatan jendela.

Ini bukan rahasia lagi jika tempat duduk yang dekat dengan jendela merupakan tempat duduk paling favorit baik di kereta, bis maupun di pesawat. Kenapa? Karena penumpang ngga akan merasa bosan ketika duduk di dekat jendela. Suguhan pemandangan luar yang menyegarkan mata menjadi kenyamanan tersendiri bagi penumpang. 

Semisal mengantukpun, kamu  bisa menyandarkan kepala ke jendela. Bagi yang bepergian sendirian nih, ya. Ngga ada bantal bergerak. Hahaha. Jika mengincar tempat duduk ini, maka biasanya ditandai dengan huruf A dan D. Catet, niih.

3. Tempat duduk di dekat lorong pun bisa dipilih.

Kamu termasuk tipe orang yang mudah buang air kecil? Kalau iya, maka memilih tempat duduk berdekatan dengan lorong bisa menjadi pilihan terbaik karena memungkinkan kamu untuk lebih leluasa ketika masuk dan keluar tempat duduk menuju kamar mandi. 

Jika kamu memilih tempat duduk ini, maka kamu bisa memilih huruf B dan C. Catet lagi, nih. Hahaha.

Yuuk...naik Kereta Api!

4. Sebaiknya hindari beberapa nomor kursi ini.

Ada beberapa tempat duduk yang terkadang sama sekali ngga bisa memberikan kenyamanan bagi penumpangnya. Untuk itu, ada baiknya beberapa nomor tempat duduk diantaranya adalah pada huruf ABCD di barisan nomor satu hingga keempat serta ABCD di baris 19 sampai ke 22. 

Alasannya adalah posisinya yang dekat dengan bordes dan toilet. Terlebih dengan kapasitas bagasinya juga lebih kecil sehingga kurang nyaman.

5. Tidak suka goncangan? Pilih nomor ini. 

Mabuk perjalanan umum dialami siapa saja, terlebih ketika perjalanan jauh. Jika kamu termasuk deretan orang yang mudah mabuk perjalanan, maka ada baiknya duduk pada bagian tengah karena goncangan bisa terminimalisir. Titik tengahnya adalah pada sekitar nomor kursi 11 dan 12. 

Aku sendiri lebih suka memilih tempat duduk dekat jendela. Sesekali di tengah, itupun kalau udah ngga kebagian dekat jendela. Sebenarnya sih posisi ternyamanku ada di bahu kamu, tapi kalau misal tersisa kursi dekat toilet, ya elus-elus dada lagii. Hahaha.

Sampai di Stasiun kota Jakarta...

Eh btw, apakah kamu punya cara lain untuk memilih tempat duduk yang nyaman saat memesan tiket kereta api secara online? Sharing di kolom komentar boleh banget, lho.

You May Also Like

1 komentar

  1. Kalau aku merasa nyaman ada disamping pak suami, eh... Hahahahha.. Klo aku suka duduk dsamping jendela sih kl lg pergi ndirian, tp kl ada temennya ga harus disamping jendela, yg penting enjoy ada teman ngobrol

    BalasHapus