Akses Menuju Curug Pletuk, Banjarnegara

by - Agustus 21, 2017

Kini, wisata alam nampaknya lebih menggoda hati para penjelajah wisata, ya. Akses yang belum memadai pun sepertinya ngga menjadi kendala bagi mereka yang pada dasarnya hobi bertualang. Malah kadang, medan yang susah menjadi tantangan tersendiri. Seperti menaklukan sedang menaklukan sesuatuuuh, jika berhasil maka akan merasa puas. Wana Wisata Curug Pletuk menjadi salah satunya.


Wana Wisata Curug Pletuk, Pesangkalan...
Sebelumnya, aku menyarankan untuk mencari akun instagram @curugpletuk26. Akun tersebut adalah akun resmi yang dikelola pokdarwis setempat. Akun yang membagikan keindahan curug pletuk yang telah diunggah oleh para penjelajah atau hasil jepret mereka sendiri. 

Penasaran, mungkin ini yang dirasa ketika melihat panorama curug pletuk yang telah beredar di internet. Tapi karena lokasi ini cukup jauh dari pusat kota, kira-kira 45 menit, dan lebih terkenal dengan akses jalan yang rusak parah, sementara banyak wisatawan yang ragu untuk mengunjunginya.

Sekadar informasi, nih. Kondisi jalan dari pusat kota menuju Kecamatan Pagedongan bisa dibilang ngga ada rintangan. Hanya naik, dan kelok, dan itu masih umum. Hanya saja, setelah masuk Dusun Watubelah, jalan mulai rusak ringan. Lanjut perjalanan ke Desa Pesangkalan, lokasi Curug Pletuk, ada dua jalan yang betul-betul berlawanan. 

Satu, jalan rusak parah. Satu (lagi), jalan aspal mulus.


Ini sengaja banget aku headline karena image jalan menuju curug pletuk rusak parah. Padahal jika kamu memilih jalan yang beraspal, yaitu dari pertigaan yang tembus lapangan Desa Pesangkalan, kamu memilih arah kiri, maka aman. Tapi kalau memilih lurus, betul-betul harus siap raga. Hahaha.

Nah, aku bagikan rute bersama menuju Curug Pletuk, ya.
  1. Dari arah mana saja, jalan provinsi, carilah perempatan Pasar Wage, Banjarnegara.
  2. Setelahnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menelusuri jalan utama sampai menjumpai lapangan Desa Ponjen. Ambil arah kiri, ya. Naik.
  3. Selanjutnya, carilah arah ke SMP 3 Pagedongan. Lalu ambil arah kanan.
  4. Kemudian, ada papan petunjuk bertuliskan Dusun Watubelah di pinggir jalan raya. Masuklah, lurus sampai akhirnya menjumpai hutan pinus. Kamu sudah masuk Desa Pesangkalan.
Seperti yang kubilang tadi, jika bertemu dengan pertigaan yang tembus lapangan Desa Pesangkalan, ambil lah arah kiri. Ikuti jalan sampai mentok, dan itulah Lapangan Desa Peangkalan. Inilah jalan yang mulus tadi. Jangan ambil lurus, ya. Soalnya, nanti akan ketemu jalan yang rusak paraaaaah!

Kamu bisa memarkirkan sepeda motor di bawah pintu masuk curug dengan cara melanjutkan perjalanan dari Lapangan Desa Pesangkalan menuju tempat parkir yang berlokasi di sekitar rumah warga, kira-kira lima menit dari lapangan. Untuk sampai Wana Wisata Curug Pletuk, kamu bisa jalan kaki dari area parkir kira-kira lima menit. Dekaat bangett!

FYI, saat ini jalan menuju Curug Pletuk udah mulai digarap. Infrastruktur sudah mulai diperbaiki. Semoga dapat menambah kunjungan wisatawan, ya.

You May Also Like

0 komentar