Sroto Klamud Toyareja, Purbalingga

by - Maret 11, 2017

Soto, Saoto, Sroto, Sauto, Coto, cukup beragam nama dari satu kuliner khas Indonesia yang satu ini. Soto ini seperti sup, hanya saja komposisinya berbeda, pun dengan kuahnya: ada yang bening, ada juga yang santan. 

Dari beragam nama, yang membedakan biasanya isi dari seporsi Soto. Mulai dari daging, sampai pada bumbu rempah-rempah yang kadang terasa banget.

Sroto yang mau aku bagikan di sini yaitu Sroto Klamud ToyarejaJika Jogjakarta punya Saoto Bathok Mbah Katro yang udah terkenal karena penyajiannya khas dan menarik, Purbalingga punya Sroto Klamud Toyareja yang tak kalah menarik, dan juga unik.


Perjalanan Menuju Sroto Klamud Toyareja
Lalu lintas Purbalingga kini makin ramai. Mungkin karena saat itu akhir pekan. Laju sepeda motor yang kunaiki bersama Raffa, ponakanku, tidak berani menambah kecepatan. Pelan-pelan, sok menikmati keramaian padahal was was juga karena boncengin anak kecil.


Untuk sampai warung Sroto ini sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, Sroto Klamud Toyareja lokasinya tidak dekat dengan jalan raya. Dari jalan raya utama, masuk gang kira-kira lima menit jika menggunakan sepeda motor. Emmm...800 meter, mungkin.

Pas banget kami menggunakan sepeda motor karena tempat parkirnya belum begitu luas. Pun dengan warung Srotonya.

Seporsi Sroto Klamud Toyareja
Sroto Klamud Toyareja penyajiannya langsung dengan batok kelapa yang masih segar lengkap dengan serabutnya.

Kelapa muda tidak hanya menjadi minuman, melainkan menjadi tempat atau wadah seporsi Sroto Klamud Toyareja. Ini yang punya ide pinter ya. Mengurangi tenaga buat cuci mangkuk.


Satu porsi Sroto Klamud terdiri dari ketupat, irisan daging ayam atau sapi (by request), seledri, daun bawang, kecambah, kerupuk dan ditambah taburan kacang tanah yang sudah dihaluskan untuk menambah rasa gurih. Sedaaap.

Yang unik dari Sroto Klamud nih, selain ada irisan daging ayam atau sapi, ada juga irisan daging kelapa muda sebagai pengganti mie. Kebayang uniknya daging kelapa muda yang masuk ke dalam porsi Sroto, kan?

Sroto dengan campuran daging kelapa muda yang sudah direbus ini tidak hanya manis, tapi juga guriiiihhh. Daging kelapa mudanya menambah nikmat santap Sroto ketika dikunyah bebarengan dengan isian Sroto lainnya.


Lokasi Sroto Klamud Toyareja
Dari pusat kota tidak begitu jauh, kira-kira sepuluh menit. Langsung saja menuju Jl. Toyareja Rt 05 Rw 01, Purbalingga. 

Start dari arah kota ambil ke arah bancar,. Kemudian, dari lampu merah kedua pilih arah kiri. Setelahnya, masuk dan terus jalan sampai menjumpai pertigaan. Nah, dari pertigaan ini ambil arah kiri. Sroto Klamud Toyareja ada di kanan jalan.


Kalau kamu bingung, manfaatkan Google Maps, ya. Sroto Klamud Toyareja dapat dicari melalui google maps.

Harga dan Menu Lain
Harga seporsi Sroto Klamud Toyareja sebanding dengan Komposisi, dan inovasinya, yaitu Rp 18.000/porsi. 

Di sini tersedia menu Sroto lain, seperti Sroto Ayam Kampung tanpa Kelapa Muda. Harganya pun lebih terjangkau. 😉 Eeits, selain Srotonya yang menarik, minumannya juga unik lho. Nama minumannya bikin penasaran yang memesan. 😃


Jalan-jalan ke Purbalingga, jangan lupa nyobain Sroto Klamud Toyareja ya!

You May Also Like

9 komentar

  1. gokil, baru nemu kuliner kaya gini, indonesia bener bener keren yaa..

    BalasHapus
  2. Gimana ya rasanya hahahahha. Aneh-aneh saja sekarang orang bikin variasi menu :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya enak banget mas sumpah.. cobain sih :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. Yuk mba muna ke Purbalingga. Nanti kutraktir Sroto Klamud. 😄

      Hapus
  4. Wiih... Baru kali ini tahu makanan sroto... Wadahnya di kelapa lagi... Indonesia banget... terima kasih infonya...

    BalasHapus
  5. Rasanya gimana ya .. indonesia memaang unik kalo soal makanan.. selalu ada variasi terbaru..

    BalasHapus
  6. wuih, unik banget nih srotonya, jadi pengen coba

    BalasHapus