Baledono dan Wisata Oleh-oleh Bakpia Kencana, Yogyakarta

by - Desember 25, 2016

Baledono awalnya adalah sebentuk SPBU yang dilengkapi dengan rest area atau tempat istirahat. Tempat ini berlokasi di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tidak jauh dari gapura masuk Kota Yogya.

Karena dirasa rest area ini ramai, Baledono mulai berkembang dengan membuka resto dan wisata oleh-oleh khas Yogyakarta yang punya nama BAKPIA!

Kebangetan kalau kalian sampai tidak tahu camilan yang sudah mendunia ini, ya. Sini siniii sinii, aku beri tahu.

Bakpia merujuk pada halaman Wikipedia yaitu camilan yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula, lalu dibalut manis dengan tepung, kemudian dipanggang.

Bakpia termasuk salah satu camilan populer dari keluarga Cina. Jika di Cina, Bakpia ini berisi daging babi. Sesuai arti dari kata 'Bak'. Sementara 'Pia' yaitu kue legit. Maka di Indonesia, Bakpia telah dikembangkan menjadi camilan kue manis.

Masyarakat Indonesia telah mengenal Bakpia sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Lebih dari 100 merek Bakpia di daerah tersebut. Banyak pengusaha, toko oleh-oleh yang menjual Bakpia dengan harga yang bervariasi. Mulai dari usaha rumahan, sampai pabrik besar yang punya nama Bakpia Kencana.

Beli Bakpia Kencana di Baledono
Tiap ada rencana beli Bakpia, aku memilih untuk singgah di Baledono. Pusat oleh-oleh Bakpia merek Kencana, Bakpia Kencana. Ya, Bakpia Kencana ini dipasarkan dibeberapa outlet, salah satunya di Baledono.



Aku memilih Baledono karena di outlet ini open kitchen. Bakpia yang dijual di Baledono adalah bakpia yang belum lama dibuat alias fresh from the oven. Bukan stok mingguan.

Selain itu, rasa Bakpia Kencana banyak variannya. Green Tea dan Kacang Hijau, menjadi salah dua favoritku. Isi yang super lembut, dengan kulit Bakpia yang tipis menjadi alasanku untuk setia kepada Bakpia Kencana.

Hal lain yang penting untuk kesehatan yaitu dalam barcode tercantum tanggal expired. Jadi pembeli tahu, kapan harus menghabiskan Bakpia.

Alasan lain, yaitu karena sambil lewat. Maksudnya, sambil pulang, aku singgah di Baledono. 

Mampir Baledono tentunya tidak hanya membeli Bakpia. Biasanya, ada rencana untuk ibadah dan makan malam. Ini menjadi salah satu kelebihan Baledono. Selain oleh-oleh khas Yogyakarta, ada fasilitas lain yang bisa dimanfaatkan.


Harga Bakpia Kencana di Baledono
Ngomongin harga, Bakpia Kencana termasuk pada level atas. Harga yang dibanderol yaitu Rp 42.000 per kotak dengan isi 20 biji.

Tapi, harga tersebut sesuai dengan rasa, serta kemasan Bakpia Kencana yang elegan. Mungkin, kemasan yang elegan itu menjadikan Bakpia Kencana sedikit lebih mahal dibanding dengan Bakpia merek lain.




Meski demikian, pelanggan Bakpia Kencana outlet Baledono selalu ramai pembeli. Harga yang cukup mahal tidak mempengaruhi keinginan pembeli untuk mencicipi Bakpia Kencana. Memang rasa kagak pernah bohong, kan? Apalagi dengan kualitasnya.

Alamat Baledono
Jl. H.O.S. Cokroaminoto No. 16, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Pemesanan 
(0274) 2117003. Jam Opersional: 10.00-22.00 WIB.

You May Also Like

5 komentar

  1. itu tekstur lembut gak mbak saat di kunyah? aku pernah mesen bakpia tapi teksturnya itu keras..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiiih, ngga baaca, ya. Udah kutulis. Hiks

      Hapus
  2. Wahh deket nihh, kalo abis dari jogja biasanya bawa oleh-oleh bakpia.
    Kapan-kapan mampir ahh

    BalasHapus
  3. varian bakpia versi modern.
    Kulitnya tipis dan crunchy...
    vote untuk Kacang Hijau dan Coklat

    BalasHapus