3 Wisata yang Menurutku Surabaya Banget

Tiap kota mempunyai ciri khas yang membuat orang ingin bertandang, singgah ke kota tersebut. Ada ciri khas yang begitu menarik, unik, sehingga banyak mencuri perhatian dan membuat penasaran banyak orang.

Sebagai contoh yaitu Buah Carica. Carica atau yang biasa dilafalkan Karika telah menjadi ciri khas kota ASRI, Wonosobo. Kenapa? Karena buah tersebut hanya tumbuh di dua negara, yaitu Amerika Selatan dan Indonesia. Di Indonesia sendiri hanya bisa tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo. 

Seketika, saat melihat atau ada orang membicarakan tentang Carica, yang ada dalam memori yaitu Dieng, Wonosobo. Meski untuk mendapatkannya tidak harus ke Dieng, tetap yang nyantol yaitu Carica adalah oleh-oleh khas Dieng, Wonosobo.

Sama halnya dengan 3 wisata di bawah ini yang menurutku Surabaya banget! Satu diantaranya yaitu kuliner yang kini bisa dinikmati tidak hanya di Surabaya, tapi terkenal asli Surabaya. Kuliner apa itu? 

Yuuk...lanjut baca 3 wisata yang menurutku Surabaya banget!

1. Patung Sura dan Buaya

Ini jelas Surabaya banget, hanya ada di Surabaya. Jika ada di kota lain, berarti itu replika! Iya, sebab patung ini menjadi ikon atau lambang kota Surabaya.

Teman, Saudara, Mantan, yang menganut paham no pict hoax, akan percaya jika kamu telah melintasi Surabaya hanya dengan foto di depan patung Hiu Putih dan Buaya. Foto on the spot, bukan photoshop.



Di mana kamu bisa menemukan patung ini?Patung ini berada di depan Kebun Binatang Surabaya. Nah, bagi kamu yang henfak berfoto di patung Suroboyo, tidak ada sslahnya juga mampir ke Kebun Binatang Surabaya. Cocok banget buat family trip, nih.

2. Jembatan Suramadu

Banyak wisatawan yang turun di sekitar Jembatan Suramadu hanya untuk mengabadikan moment. Tidak jarang pula yang berburu sunset di sekitar Jembatan Suramadu, jembatan yang sampai saat ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 5.438 m.

Memang, jembatan yang melintasi selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya dan Pulau Madura (mBangkalan) bukan ikon kota Surabaya. Namun, saat ada kerabat yang hendak ke Suramadu, yang terlintas dalam benak aku, ya, kota Surabaya. Selebihnya baru Madura.



Berfoto dengan latar belakang Jembatan Suramadu tidak harus tepat berada di atas Jembatan. Kamu bisa menuju laut yang berada di sekitar Jembatan. Memasuki kawasan kampung nelayan, di situ lah kamu bisa berfoto dengan aman.

Tapi, juka kamu kekeuh ingin berfoto di atas Jembatan, pilih lah waktu malam hari, di mana lalu lintas tidak sepadat siang hari.

3. Rujak Cingur

Terakhir yaitu wisata kuliner Rujak Cingur. Si Cingur alias Mulut Sapi. Orang Jawa Timur menyebutnya Cingur, berbeda dengan orang Jawa Tengah (Jateng), memberi nama Congor. 

Btw, istilah mulut Sapi lebih bagus Cingur ketimbang Congor, ya. Lebih terkesan kalem. :D

Kebayang, kan, rasa dari Cingur yang dirujak? Cingur yang digunakan sebagai bahan utama rujak cingur ini terasa kenyal. Mirip saat kamu sedang makan kikil sapi, atau orang Jawa Tengah menyebutnya Kluntung. Kenyal yang tak berujung.

Satu porsi rujak cingur didominasi oleh sayuran seperti kangkung, kacang panjang, dan tauge. Cenderung seperti lotek kalau di Jawa Tengah. Apalagi ditambah dengan irisan tempe, tahu dan lontong. Ini lotek banget! 

Bertolak belakang dengan rujaknya Jateng yang didominasi oleh buah-buahan yang diulek bersama bumbu rujak, bukan bumbu petis.

Buah-buahan seperti irisan pisang, mentimun, kedondong, mangga muda juga ada dalam seporsi Rujak Cingur. Namun, ada yang menyebutnya Rujak Cingur mentah jika dalam satu porsinya terdiri dari buah-buahan dan cingur. 



Sebaliknya, rujak cingur matang yaitu rujak cingur yang berisi sayuran ditambah irisan tempe, tahu dan tentunya CINGUR!

Rujak Cingur bisa dibeli di mana saja jika kamu sedang berada di Surabaya. Ada banyak warung yang menyediakan Rujak khas Surabaya. Ingat Cingur, moncong Sapi, yang terlintas dalam benakku, ya, Surabaya. Terlebih jika dijadikan rujak yaitu Rujak Cingur, ini Surabaya banget!

3 wisata yang Surabaya banget akan terasa lengkap jika ditambah dengan penginapan. Objek Wisata, Kuliner, sudah dapat. Jadi, akan terasa lengkap jika ada Penginapan.

Kamu punya penginapan yang Surabaya banget? Buat kamu yang punya rencana travelling ke Surabaya, baik bersama keluarga, solo travelling maupun Backpacker, coba cek daftar hotel di www.traveloka.com. Banyak rekomendasi penginapan di sana.

JW Marriott adalah salah satu hotel yang Surabaya banget. Hotel bintang 5 yang sudah tidak diragukan lagi dalam pelayanan dan segudang fasilitas yang oke. Hotel yang sudah banyak direview banyak orang karena merasa puas usai menginap di sana. Lihat saja review di TripAdvisor.

Nah, kamu punya wisata favorit yang menurutmu Surabaya banget? Coba share di kolom komentar, ya. Siapa tahu bisa menjadi referensi Teman-teman yang akan ke Surabaya.

Share this:

, ,

CONVERSATION

5 komentar:

  1. Jangan lupa menambahkan lontong balap, makanan khas Surabaya selain rujak cingur
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Wah ini harus jadi salah satu tempat liburan aku nih, kayanya seru berlibur ke surabaya

    BalasHapus
  3. Yeee udah semua, yes.
    abis nikah tambah rejeki terus ya Jeng... kol.

    btw, mbok eike diajarin adsense kyk yang disebelah

    BalasHapus
  4. kapan2 kalo main lagi jangan lupa nyobain sate kelapa.. dijamin top!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sate kelapa emang terkenal banget di SBY ::D

      Hapus