Transportasi Umum dari Wonosobo Menuju Dieng

Transportasi Umum dari Wonosobo Menuju Dieng ngga begitu banyak. Hanya ada moda tranportasi umum yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan.

Meski jumlahnya ngga banyak, tapi bukan berarti pemerintah daerah kurang maksimal untuk menyediakan alat transportasi umum menuju Dieng.

Medan yang tidak seperti pada umumnya, yaitu menanjak dan berkelok, membuat pejalanan menuju Dieng tidak bisa cepat. Apalagi menggunakan transportasi umum, dimana di dalamnya banyak penumpang.

Ada empat moda transportasi umum yang sudah tersedia menuju Dieng. Yaitu; Mini Bus, Angkutan Kota, Ojek dan Travel

Jika menggunakan Mini Bus, ada baiknya Teman-teman naik dari Terminal Mendolo, Wonosobo. Sebab, jika menunggu di persimpangan jalan, dikhawatirkan Mini Bus sudah penuh. Tarif dari terminal Mendolo sampai Dieng yaitu Rp 15.000 per orang, satu kali jalan. (harga update per Agustus 2015) Estimasi perjalanan 2 Jam.

Alternatif kedua, yaitu menggunakan Angkutan Kota Wonosobo dengan warna angkutan kuning. Angkutan umum ini sebenarnya hanya bisa mengantarkan wisatawan hanya sampai Kecamatan Garung, lokasi Telaga Menjer berada. Namun, jika mau, Teman-teman bisa minta tolong kepada Sopir angkutan untuk mengantarkan sampai Dieng dengan sistim Carter. Kapasitas Angkutan sampai dengan 15 orang. Tarif untuk carter angkutan kota dari Wonosobo menuju Dieng kisaran Rp 400.000 per angkutan, satu kali jalan. (update per September 2015) Estimasi perjalanan 2 Jam. 


Terminal Mendolo, Wonosobo

Alternatif ketiga, yaitu menyewa jasa Ojek. Moda ini ngga aku rekomendasikan. Karena, sedikit ojek yang siap mengantarkan Teman-teman dari Wonosobo menuju Dieng. Tapi, siapa tahu ada yang ingin menggunakan jasa Ojek, bisa menuju pangkalan Ojek sekitar terminal Mendolo atau Pangkalan Ojek dalam kota lainnya. Tarif untuk jasa ojek yang bukan dari GOJEK, yaitu Rp 230.000 per sekali jalan. (update per September 2015) Estimasi perjalanan 1 Jam.

Moda transportasi umum berupa Travel, atau moda transportasi terakhir ini paling banyak dicati oleh para wisatawan. Moda ini bisa dibilang baru. Ya, belum lama ini, banyak Travel Agen yang menawarkan jasa transportasi dari Wonosobo menuju Dieng. Mereka siap antar-jemput dari sudut manapun. Terminal Mendolo, Purwokerto, Yogyakarta, misalnya. Titik terdekat dari Wonosbo.

Wisatawan bisa request jenis dan fasilitas travel. Untuk kapasitas berapa orang, tanpa atau dengan AC, Snack, Makan, dll.

Jika titik penjemputan dari Terminal Wonosobo menggunakan Travel dengan kapasitas 5 orang, maka akan dikenakan tarif kisaran Rp 800.000 per mobil. Include: AC, Tips Sopir dan BBM. Exclude: Snack dan Makan. (update per Oktober 2015) Estimasi perjalanan 2 Jam.

Lalu, bagaimana dengan tarif penjemputan dari Purwokerto atau Yogyakarta? Teman-teman bisa kontak saya melalui WhatsApp (+6285227622767) atau BBM (520FA62A).

Notes:
Moda transportasi di atas hanya mengantarkan sampai Dieng. Tidak menemani Teman-teman berkeliling Dieng. Jika ingin ditemani keliling wisata, bisa request. ^-*

Share this:

CONVERSATION

8 komentar:

  1. Dieng banyak banget tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata, cuman transportasinya masih kurang memadai menurut saya, dulu pas kesana malah cuman ada angkot sama bis umum aja.

    BalasHapus
  2. penting banget nih, waktu saya ke gunung prau, dari terminal wonosobo kena calo soalnya ehhe

    BalasHapus
  3. Thanks mas infonya, setahun lalu kami kira tak ada transportasi, akhirnya nekat pakai motor sendiri. :D

    BalasHapus
  4. aku sering lewat wonosobo tapi kok blom pernah mampir ke dieng yaa.. haa
    kapan-kpan deh tak mampir...

    BalasHapus
  5. dieng adalah salah satu tempat wisata yang pernah saya kunjungi dan ada kenangan manis yang tak terlupakan.

    BalasHapus
  6. Wahah, dulu pas liburan puasa ke tempat keluarga ke Wonosobo Alhamdulillah sampai dgn selamat, walaupun beberapa x ganti bis..

    BalasHapus
  7. makasih saranya, semoga sukses

    BalasHapus