10 Tempat Wisata Favorit di Jawa Tengah

Jika ditanya jenis wisata yang disukai, saya akan menjawab wisata alam. Alasan singkat, karena saya suka nuansa alam yang segar-segar, sejuk, dan rapih. Alasan lain yang juga penting, karena saya suka Camping! :D Manakala melihat pepohonan rindang, dedaunan lebat, tempat yang luas, aman, nyaman, yang ada dipikiran saya, tuh, “kapan bisa camping di sini, ya?” ^-*

Ehm...saya belum pernah menyambangi seluruh kota yang ada di Jawa Tengah (Jateng), tapi sudah menuliskan tempat wisata favorit. Agaknya gimana, gitu, ya. Emmh...tidak apa, sih, ya. Sah-sah saja, asal apa yang kita share tidak melanggar undang-undang. :D

Saat akan menulis ini, saya melihat peta Provinsi di Jawa Tengah yang tertempel pada dinding kamar. Saya amati satu per satu daerah yang ada di Jawa Tengah. Pada keterangan Peta, tertulis 29 Kabupaten dan 6 Kota di Provinsi Jawa Tengah. Cukup banyak, ya. 

Andai satu bulan mampu singgah di satu kota, setidaknya membutuhkan kurang lebih tiga tahun untuk explore seluruh wisata yang ada pada tiap kota di Jawa Tengah. Itu pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Sebut saja Kabupaten Wonosobo. Jika ingin explore objek wisata secara maksimal, membutuhkan waktu kurang lebih lima hari. Ada banyak wisata alam di sana. Air Terjun, Kawah, Gunung, Bukit, Telaga, Candi, dan lain sebagainya.

Tiga tahun untuk satu Provinsi. Tidak lama, kan, ya? Hihihi *#ILoveJateng*

Sempat saya menghitung berapa banyak daerah di Jateng yang pernah saya singgahi. Ternyata belum banyak. Baru beberapa saja. Itupun yang dekat dengan Banjarnegara. :D

Berikut tempat wisata favorit saya, dimana tempatnya begitu rapih, bersih, sejuk, dan aman

1. Candi Ceto, Karanganyar
Butuh perjuangan untuk mencapai Candi Ceto. Perjalanan ditempuh selama tujuh jam dari Banjarnegara. Wiiih banget, kan? 



Candi Hindu yang berlokasi di Dusun Ceto, Kec. Jenawi ini termasuk salah satu candi yang dikelola dengan baik, dan masih aktif digunakan untuk ibadah. Dengan berbekal tiket Rp 3.000 per orang, pengunjung dapat menapaki satu per satu teras, sampai pada tingkat sembilan Candi Ceto. Banyak banget Arca-arca di sini, termasuk petilasan para leluhur masyarakat Dusun Ceto.

2. Klenteng Sam Poo Kong, Semarang
Semarang panas! Ya...tidak salah kalau kamu mengatakan demikian. Namun, saat masuk kawasan Klenteng Sam Poo Kong, kamu akan mendapati suasana lain. Panas, tapi menyenangkan. 



Klenteng dengan warnya merah menyala ini berlokasi di Jl. Simongan Raya, No. 129, Semarang. Selain ingin melihat jejak Laksamana Cheng Ho, berbekal tiket Rp 3.000 per orang, saya ingin berfoto tepat di Klenteng dengan mengenakan pakaian adat China yang sudah disediakan oleh pihak Sam Poo Kong. Tapi, antrenya.... :D 

3. Taman Kyai Langgeng, Magelang
Menyesal ketika kamu ke Taman Kyai Langgeng, tapi tidak membeli tiket terusan. Ada banyak alasan mengapa ini menjadi objek wisata favorit. Salah satunya karena suasana yang begitu nyaman. 



Taman ini pas banget untuk wisata bersama keluarga. Hanya dengan tiket terusan Rp 20.000 per orang, kamu bisa menimati seluruh objek yang ada di Taman Kyai Langgeng. Termasuk naik perahu keliling danau. (

4. Batu Pandang, Wonosobo
Selain Gunung Prau, Batu Pandang menjadi tempat favorit saya karena panoramanya yang begitu memesona. Lokasi Batu Pandang tidak begitu jauh dari Dieng Theater. 

Berbekal tiket Rp 10.000 per orang, pengunjung bisa menikmati dua keindahan Telaga dari atas batu besar yang berada di lokasi.

Tip. Jika kamu ke sini bersama beberapa orang, tiket masuk bisa nego, lho. :P

5. Telaga Dringo, Banjarnegara
Ada yang menyebutnya Ranukumbolo KW sekian. Untuk mencapai Telaga Dringo yang berlokasi di Desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara, butuh perjuangan karena medannya cukup susah. 



Namun, jika kamu sudah sampai sini, semua hal yang tadinya menjadi beban, akan sirna. Terlebih kalau kamu bisa Camping di sekitar Telaga Dringo. 



Kamu akan mempunyai banyak waktu untuk keliling telaga, yang mana bisa bersantai di savana yang terletak di kanan Telaga. Nikmatinya tak tertandingi! :P

6. Purbasari Pancuran Mas, Purbalingga
Seperti halnya Taman Kiyai Langgeng, Purbasari Pancuran Mas atau yang kerap disebut dengan River World juga cocok banget untuk wisata keluarga.



Ada banyak wahana edukasi khus bagi anak-anak di sini. Mengenal banyak jenis burung, koleksi ikan tawar, Play Ground yang dibangun khusus anak-anak.  Ada juga Waterboom dan bebek air!

7. Baturraden, Purwokerto, Banyumas
Biasa banget! Kesan pertama saat melihat gerbang, pintu masuk wisata Baturraden. Berbekal tiket Rp 10.000 per orang, kamu akan merasa bahagia saat mulai berjalan menyusuri tiap sudut Baturraden. 





Air terjun, dan taman yang indah disertai kuliner pecel. Menyantap kuliner di taman secara lesehan, sembari menikmati taman bikin jiwa makin muda! :P

8. Waduk Sempor, Gombong
Berbekal uang Rp 70.000, saya bersama dua orang teman bisa susur Waduk Sempor sampai Waduk Kedung Ringin yang menjadi pengendali Waduk Sempor. 



Akan ada banyak “pertunjukan” saat kamu susur waduk sempor selama kurang lebih enam puluh menit. Ikan-ikan kecil terus mengiringi perjalanan, serta monyet liar yang terus beraksi.

Punya nyali besar? Turunlah di sekitar hutan, kemudian masuklah. Survey sekitar hutan, siapa tahu bisa buat camping di sana. :P  

9. Pantai Menganti, Kebumen
Menjadi pantai favorit di Jawa Tengah, karena suasananya yang begitu tenang. Pantai yang dikelilingi bukit kapur ini pas banget untuk bersantai, melepas penat.




Semenjak ada penginapan di sekitar pantai menganti, pangunjung lebih suka menikmati pantai di sekitar penginapan, ketimbang di pantai bagian bawah yang sebenarnya lebih cantik suguhannya.

10. Wana Wisata Guci, Tegal
Kata siapa masuk Guci harus mandi di pancuran pitu? Ngga, kok! Guci tidak hanya menyediakan wisata air bagi para pengunjung. Dengan berbekal tiket masuk Rp 7.500, selain mandi madu di pancuran, kamu musti mencoba wana wisata guci. Ini lebih asyik dan menarik!



Banyak air terjun, bukit guci, desa wisata, dan juga outbound. Kamu juga bisa berkeliling wana wisata dengan cara naik kuda. Nah, setelah banyak mengelurakan keringat, barulah mandi di pancuran. :D Menyebar polusi banget, ya. :D 

Nah, itulah 10 Tempat Wisata Favorit saya di Jawa Tengah. Apakah teman-teman punya wisata favorit di Jawa Tengah atau Provinsi lain? Share, dong!

Share this:

, , , , , , , ,

CONVERSATION

15 komentar:

  1. Dari 10 obyek wisata itu saya hanya pernah mengunjungi 1, yaitu Taman Kyai Langgeng, itupun duluu sekali, kalau Klenteng Sam Poo Kong, Semarang cuma lewat aja ..hiks.. Semoga deh bisa kunjungi semuanya suatu saat nanti

    BalasHapus
  2. Saya sering ke Jawa Tengah tapi belum sempat kunjungi semua obyek wisata di atas. Thanks infonya ya mbak..

    BalasHapus
  3. Tapi sayang area ibadahnya gak sembarang orang masuk kecuali para ibadah

    BalasHapus
  4. Dari list di atas, belom ada satupun tempat yang pernah aku kunjungi, hehe. Pengen banget rasanya bisa jalan-jalan, tapi kadang waktu belum mengizinkan aku untuk bisa bebas berkeliling :(

    BalasHapus
  5. Tertarik nie buat mengunjungi batu padang di Wonosobo. Pemandangan dari atasnya kelihatannya indah bangets.

    BalasHapus
  6. Istri dari Jawa Tengah, hampir tiap bulan pulang ke Blora tapi belum pernah mengunjungi satu pun tempat wisata di atas :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sekali-kali lah Mas mampir, g ada ruginya ke tempat wisata sesekali. Apalagi sama istri tercinta. :D

      Hapus
  7. Pengen banget ke Baturraden. Kayanya tempatnya asyik. Nyesel deh dulu gak ikut pas temen-temen pergi ke sana :(

    BalasHapus
  8. Asiiik, candi cetho masuk daftar, emang bagus sih, apalagi deket banget sama rumahku. tak tambahin mbak, air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, Karanganyar. cantik banget air terjunnya, tempat favorit aku tuh

    BalasHapus
  9. wahhh... dari 10 daftar di atas, baru sempet nyicip 3 tempat aja. -_-

    BalasHapus
  10. Pantai Menganti, Kebumen seru tuh kayaknya berwisata bersama keluarga di sana. Kelihatan masih asri.

    BalasHapus
  11. kalau ke Candi Ceto, Karanganyar, perjuangan banget karena jalanannya sangat memacu andrenalin. apalagi pas deket pintu masuk nanjaknya tinggi pake banet hehe

    BalasHapus