4 Hal yang Bikin Kamu di Waduk Sempor

by - April 05, 2015

Fyuuuh...Waduk!

Ambar tampak lesu, saat saya mengajakanya untuk sekadar bermain ke Waduk Sempor yang berada di Gombong. Sebuah kecamatan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, sekaligus Kota yang begitu damai. Tak banyak orang berlalu lintas. Pun dengan kendaraan besar macam Truck. Padahal, tak sedikit “Harta Karun” di kota tersebut.

Tanpa berpikir panjang, saya melontarkan satu pertanyaan kepada Ambar. “Eh...Kamu kan asli Gombong. Sudah Pernah ke Waduk Sempor, kan? Ngapain saja di sana?

Hmmm...Waduk Sempor tuh sepi. Meski sudah dijadikan objek wisata, tetap saja ngga ada yang menarik!” Dia bilang ngga ada yang menarik. Namun, bagi saya jawabannya begitu menarik.

Mungkin dia lelah. Hihihi Bisa jadi, ia serius merasa tidak ada satupun hal yang menarik baginya atas sebuah Waduk. Terlebih pada Waduk Sempor. Sebuah bendungan yang di bangun saat Indonesia masih dalam genggaman Belanda dan baru selesai dibangun pada tahun 1978. Hanya sebuah waduk, tidak ada yang menarik menurut Ambar.

Sudaah...daripada penasaran, mending besok pagi kita main ke Waduk Sempor!” Wuaah...bibir serasa ingin bersiul terus. Bahagia banget saat Lulu menjadi penengah kami.

Area Waduk Sempor!

Berkunjung ke suatu objek wisata, tak lengkap kalau kita tidak susur objek tersebut. Sekalipun objeknya dikatakan tidak menarik, tapi selalu ada banyak cara untuk mengeksplorenya. Terlebih bagi seorang penikmat alam, tak mungkin cukup dengan diam. Harus banyak gerak dan bertanya untuk mendapat suatu kepuasan.

Saya akan share empat hal yang bisa bikin kamu betah saat berkunjung ke Waduk Sempor. Tak hanya merendam kedua kaki kamu di air waduk saja. Kamu juga harus nyobain empat hal di bawah ini.

1. Mencicipi Tempe Mendoan yang Paling Hits se Dunia

Sesampainya di Waduk Sempor, segeralah merapat ke warung untuk mencicipi Tempe Mendoan yang paling hits se Dunia.

Anak metropolitan wajib mencicipi tempe mendoan khas Gombong. Sebab, tempe mendoan yang di jual di warung sekitar waduk ini tidak seperti mendoan pada umumnya. Porsi atau ukurannya lebih lebar dan juga panjang.


Wajib nyobain tempe mendoan khas Gombong. . .

Saya memasukkan kuliner ini pada urutan nomor satu, karena kami saat itu berangkat pagi hari. Kisaran jam 05.30 WIB sampai di Warung Bu Parmin. Pagi-pagi cocok sekali menikmati tempe mendoan ditemani segelas teh hangat. Baca juga review tempe mendoan Bu Parmin.

2. Menikmati Suguhan Waduk Sempor dari Berbagai Sudut

Mengendarai sepeda motor kurang lebih sepuluh menit dari Warung Bu Parmin, kamu bisa memarkirkan motor di tempat parkir bagian atas. Tempat parkirnya inysa allah aman, kok. Sebab, sejak pagi sudah dijaga tukang parkir.
Kami sengaja parkir di bagian atas, karena ingin mendapat view waduk sempor dari atas.

Landscape dari atas. . .
Rasanya tidak sia-sia untuk narsis mendokumentasikan diri di tempat ini. Lihat saja suguhannya. Indah, bukan? Bikin sejuk mata dan juga jiwa. Betah banget di sini! Hijau!

Ada yang bilang jelek pemandangannya? Saya ajak ke Dokter mata nanti, lho. Hahaha

3. Jogging di Sekitar Area Waduk

Melewati museum, menapaki banyak anak tangga untuk menuju ke area jogging yang terletak di bawah. Tepatnya masuk area waduk sempor.

Saat itu, saya nyobain jogging track pas akhir pekan. Mangkannya, cukup ramai. Dari anak kecil sampai orang dewasa berjogging ria di sini. Ada yang fokus jogging, ada juga yang tetap nekat bersepeda meski sebenarnya tidak diperbolehkan. 

Banyak pasangan dimariii. . .:D
Udara serta pemandangan dekat waduk begitu segar. Ini yang membuat kami betah berlama-lama di sini. Ngga menyangka, di daerah selatan yang terkenal panas, masih bisa menghirup udara segar rasa pegunungan. Pemandangan hijau rasa hutan rimba!

4. Susur Waduk Sempor Hingga Waduk Kedung Ringin

Usai membakar lemak jagat sampai siang hari, saatnya kamu relaksasi susur waduk sempor menggunakan alat transportasi berupa Perahu. Ada dua jenis perahu yang disewakan oleh warga Sempor. Perahu berukuran kecil dan sedang.

Rendi yang mengantarkan kami susur Waduk Sempor. . .

Melihat alam bebas dengan segala jenis aktivitas; memancing, berburu. Bisa juga menjumpai kera pada berkejar-kejaran dipinggir hutan. Takut? Ngga, ah! Asyik!



Nah, berwisata ke Waduk tidak melulu harus duduk termenung di sekitarnya. Atau, memandang air yang terus diam dengan tatapan kosong. Mubadzir. Mainstream banget! Lakukan empat hal di atas jika suatu saat kamu berkunjung ke Waduk Sempor. Saya yakin, kamu akan mendapati suatu hal yang berbeda. 

Empat hal di atas sudah kami coba. Besok atau kapan giliran kamu, ya! Dijamin nanti bakal betah berlama-lama di Waduk Sempor! ^_*


Hayuuuk, kapan kita susur waduk sempor (lagi)?

You May Also Like

5 komentar

  1. Akhirnyaaaa ikutan jugaaaa XD

    BalasHapus
  2. Heeeeu kayaknya tempenya enaaaaaak, waduknya juga asik banget buat jalan-jalan sore tuuh!!!

    BalasHapus
  3. Tempeeee....mendoaaaann....

    BalasHapus
  4. huaa tempe nya bikin ngilerrr

    BalasHapus
  5. Waaah tempe mendoan asli, belum pernah ngerasain, biasanya cuman beli di daerah bekasi aja, pasti yang ini rasanya lebih menggigit ya mbak

    BalasHapus