Bersikap Tenang Saat di Terminal Bus

by - Maret 07, 2015

Saat kaki baru melangkah turun dari mobil teman, saya menjumpai seorang perempuan turun dari becak. Ia langsung berlari menuju terminal bus. Wajahnya tampak lelah dan sepertinya terburu-buru.

Menggendong tas ransel yang cukup besar. Kedua tanggannya pun isi semua. Repot. Tangan kanan membawa dua tas kresek berwarna hijau. Sedangkan tangan kirinya menggenggam sebentuk ponsel dengan ukuran yang cukup besar.

Saya yang hendak menyeberang jalan, rasanya panik. Was was sekali melihat perempuan tersebut. Kenapa? Sebab, di depan pintu gerbang masuk terminal Bus ada beberapa orang laki-laki dewasa yang duduk di atas sepeda motor. Ya...mereka adalah Abang Ojek.

Samar-samar terdengar suara dengan nada tinggi dari seberang sana. "Jam segini mana ada Bus ke Wonosobo, Mbak. Naik taksi saja. Kalau tidak naik Ojek". Mendengar kata Wonosobo, saya pun langsung tanggap. Segera menyeberang selagi tidak ada kendaraan berlaju.

Ooo...sepertinya Si Mbak akan bepergian ke Wonosobo. Ia bertanya kepada sekelompok Ojek mengenai Bus jurusan Wonosobo. Hmm...secara otomatis, saya melirik jam dipergelangan tangan. Jarum jam baru menunjukkan pukul 17.30 WIB.




Setahu saya dan sudah menjadi pengalaman, jasa transportasi umum selalu ada dalam waktu 24 jam. Hanya saja frekuensi pemberangkatannya tidak sesering saat pagi atau siang hari. Kala malam, jeda pemberangakatan antara Bus satu dengan bus lainnya kurang lebih satu sampai dua jam.

Wonosobo, tetangga kota. Melihat ada saudara yang sepertinya dalam keadaan tidak aman, saya pun langsung mendekatinya.

"Hei, kamu baru pulang. Yuuk....kita pulang bareng saja." Saya mengajak Si Mbak untuk pulang bersama. Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada Abang Ojek untuk menutup percakapan sore itu.

Sementara Si Mbak terlihat bingung, saya malah tersenyum lebar dengan tingkah laku saya sendiri yang memang sok kenal sok dekat. Tak lama kemudian, kami bersama-sama menuju terminal bus sembari memberitahu kepadanya kalau Bus ke Wonosobo masih ada sampai pukul 23.00 WIB. Ia tampak lega dan bahagia.

Ini bukan kali pertama saya melihat seorang calon penumpang kendaraan umum menunjukkan wajah bingungnya kepada khalayak ramai. Tampak panik, bingung, serta ada ketakutan saat memasuki Terminal Bus.

Jadi, bagi kamu yang akan naik kendaraan umum dari Terminal Bus, hendaknya bersikap tenang. Tetap berjalan tenang, yakin, berwajah semangat dan tetap perhatikan barang bawaan.

Happy weekend untuk sahabat Ceris Wisata. ^-^
Terminal Bus Bulupitu, Purwokerto!

You May Also Like

0 komentar